Semarang – Wisata Kota

Liburan selama 3 hari bisa dimanfaatkan dengan baik dengan jalan-jalan ke Semarang. Sampai pagi hari di Semarang dan pulang 3 hari kemudian sore atau malam :)

WISATA KOTA

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo - Tampak Depan
Candi Gedong Songo – Tampak Depan

kami kesini untuk memuaskan rasa penasaran salah satu temen seperjalanan saya. Lokasinya cukup jauh, sekitar 2.5 jam dari kota Semarang (naik angkutan umum yah) dan letaknya setelah Ambarawa.. di Bandungan lebih tepatnya. Menuju kesana mudah kok, ada bus langsung ke Bandungan atau bisa juga ngeteng dari Semarang ke Ambarawa lalu lanjut ke Bandungan. Kita turun di gerbang paling depan dan lanjut ojek sekitar 20 menit ke pintu masuk.

Ternyata lokasi wisata ini ramai sekali!! bisa jadi karena saya kesana pas akhir minggu? banyak pasangan-pasangan yang datang kesini :D dan juga keluarga yang terlihat sedang berpiknik serta wisatawan seperti saya (pas mau pulang, melihat 2 wisatawan asing yang berkunjung kesini).

Banyak yang berpasangan :D
Karena lokasinya di ‘atas’ maka cuaca sejuk langsung menyambut kami… beda banget dengan cuaca Semarang yang super panas. Candi Gedong Songo ini luas sekali, saya ngga tau berapa besar dan info soal candi ini pasti ada deh di wikipedia. Untuk keliling di candi ini ada 2 cara: naik kuda ataupun jalan kaki. Udara sejuk dan niatan untuk olahraga membuat saya memilih untuk jalan kaki… :p
Ternyataaaaaa…. nggak tau deh keputusan ini salah apa nggak, baru juga liat 1 candi langsung ‘hosh hosh hosh’ capek banget!!!! Tapi mau naik kuda juga saya takut :D Baiknya kalo kesini sih ngga buru-buru yah, karena saya akhirnya berhasil mengelilingi candi ini selama 2 jam.

Kota Lama

Kawasan Kota Lama ini letaknya deket banget sama Stasiun Tawang, dan keliatannya stasiun itu sendiri termasuk bagian dari Kota Lama. Di kawasan ini enak banget untuk jalan kaki karena ngga terlalu ramai dengan kendaraan dan jalannya bukan berupa aspal. Selain itu banyak gedung-gedung tua dan bisa sekalian mampir beli wingko babat di toko wingko yang paling beken ‘cap lokomotif’ ;)
Kantor Pos di Kota Lama

Semawis

Ini merupakan kawasan pecinan di Semarang yang rame banget kalo malam hari. Sayang saat saya ksini turun hujan, jadi nyampe ke Semawisnya sudah mau bubar-an dan saat itu sekitar pukul 11 malam. Tapi saya sempet menyusuri pasar ini… Dari ujung 1 sampe ke ujung lainnya isinya pedagang semua dan ngga hanya makanan. Selain itu saya perhatikan juga kawasan ini berisikan bangunan-bangunan lama, jadi kalo siang-siang kesini kayaknya seru juga buat foto-foto.
Pasar Semawis - pintu masuk
Pasar Semawis – pintu masuk

Lawang Sewu

Ikonnya Semarang? ya Lawang Sewu… gak afdol kayaknya ke Semarang kalo ngga kesini. Kebetulan saya kesini pas kunjungan pertama saya ke Semarang bulan Sep11 (dalam perjalanan pulang dari Karimun Jawa ke Jakarta). Lawang Sewu saat itu baru selesai di renovasi dan saat saya ksana pas malam hari. ihiy! ini yang seru… Selesai melakukan registrasi dan liat-liat bangunan depan yang isi-nya foto-foto Lawang Sewu jaman bahuela, tour pun dimulai. Saya menyarankan untuk didampingi sama guide… Supaya lebih paham aja dan lagipula saya ngga mau kasih tau cerita soal Lawang Sewu disini ;)
Lawang Sewu di malam hari
Arsitektur cantik Lawang Sewu

Klenteng Sam Poo Kong

Waktu perjalanan ke Semarang dalam rangka Imlek, klenteng ini adalah target perjalanannya.. Saya ksini pada hari Imleknya dan ya ampuuun… rame sekali warga yang datang! Klenteng ini sangat luas dan besar, mungkin terbesar di Indonesia? yang pasti ada beberapa bangunan disini dan salah satu-nya bangunannya menghadap kiblat, sebagai penghormatan warga Tionghoa kepada Cheng Ho :'(
Jaman baheula lokasi ini merupakan pantai tempat kapal Cheng ho bersandar, dan bisa dijumpai pohon yang katanya berasal dari rantai kapal atau rantai jangkar kapal tersebut! Luar biasa!
8 Dewa Laut (Photo by: Diyan Surya)
Klenteng Sam Poo Kong

Replika Kapal Cheng Ho

Lokasinya di Jl. Lombok dan awalnya saya kira yang namanya replika itu tiruan kapal berukuran kecil dan diletakkan di kotak kaca! ternyata salah total… Replika kapalnya besar sekali sampai ditaruhnya di sungai di depan klenteng dan kita bisa naik ke atasnya.. hahahaha

Klenteng Tay Pek Sie

Klenteng ini juga terletak di Jl. Lombok dan rame banget juga. Bisa jadi karena letaknya dibelakang kawasan Pecinan. Menurut guide saya di Sam Poo Kong, klenteng ini dibangun supaya warga bisa sembahyang tanpa perlu jauh-jauh ke Sam Poo Kong :)
Klenteng di malam hari
suguhan saat Imlek

PENGINAPAN

Simpang Lime Residence

Banyak penginapan di Semarang, tapi saya penasaran dengan ‘Simpang Lima Residences’ soalnya mereka bukan hotel :D Pas check-in kaget juga, kirain akan nginep di hostel sederhana tapi ternyata ini sih hotel tanpa bintang! bangunannya terdiri dari 5 lantai, ada cafe yang buka 24 jam dan ada meeting room-nya juga. Bgitu masuk kamar malah lebih heran lagi… ternyata kamarnya bagus! ruangannya mungkin memang kecil, pas untuk 2 orang (jangan nekat untuk maksain 3 orang yah) dan yang asik harganya terjangkau dan lokasinya strategis.

TRANSPORTASI

Semarang nggak terlalu besar dan kalau mau wisata kita bisa sewa mobil atau naik angkutan umum seperti taksi, becak, angkot atau bus… semua tersedia! Ojek juga ada sih, tapi kayaknya nggak tumpah ruah kayak di Jakarta deh. Enaknya wisata di daerah Semarang kan jalanan ngga macet jadi semua jarak terasa deket dan akibatnya ongkosnya murah…hihi

Bus menuju ke Bandungan

Btw, Semarang ini merupakan jalur menuju ke Karimun Jawa yang cukup mudah loh… bisa skalian jalan-jalan ksana! jangan lupa contact ibupenyu yah kalo mau ke Karimun Jawa tapi males urus-urusnya :D