Solo – The Unplanned Trip

Idenya cuma pengen naik kereta dan pengen nyobain pergi tanpa perencanaan matang. Untung niat ini disambut baik ama temen saya, Vira eh bukan disambut baik deng, ditambah malah tantangannya: budgetnya ngga boleh lebih dari Rp. 500.000,- untuk seluruhnya :D

economy class ticket

Kereta ekonomi banyaknya di Stasiun Senen, jadilah di suatu hari Jumat kita ktemu disana dan dengan mata tertutup (Vira menang suit), ditunjuklah kota Malang. Tapiiii ternyata kereta ke Malang itu paling akhir jam 4 sore! sementara saat itu waktu sekitar jam 7an. yuk, puter ide dan hasil ngobrol ama petugas stasiun kita di saranin ke Jogja aja dan dari sana cari cara supaya ke Malang. Ah.. ide yang baik :) ternyata hambatan ngga sampe disana aja, tiket ke Jogja untuk kelas bisnis sekitar 100rb-an dan itu sungguh diluar budget, akhirnya kita naik kereta ekonomi yang harga tiketnya 35rb sajaaa. saya ngga pernah naik kereta ekonomi sebelumnya, jadi ngga punya bayangan akan seperti apa didalam. 2 stasiun pertama sih sukses, eh bgitu nyampe stasiun ke 3 dibangunin ama yang punya bangku..dududududu…. akhirnya kita pun ngemper di bawah!!! yes.. ngemper… mulai dari jam 10an malam sampe jam 8 pagi besoknya!!! ohnoooo… ga pipis, ngga banyak gerak, ngga banyak ngobrol. skeri gilak!

jam 8 pagi nyampe di Jogja dengan selamat. rasanya pengen sujud syukur, tapi kok ya malu ya yang lain biasa aja.. hehe… berhubung malas di Jogja dan untuk ke Malang rasanya ngga mungkin, sembari sarapan pun kita memutuskan untuk ke SOLO… terima kasih banyak untuk kalian yang bikin Facebook, Twitter dan Google :) berbekal 3 macam pusat informasi itu + buku Lonely Planet kami pun berangkat ke Solo. Dari Jogja ke Solo kita naik kereta Prameks. kereta ini bagus deh, meski tanpa AC tapi bersih dan murah dan ada gerbong khusus wanita :) jaraknya hanya 1 jam.

Kereta Prameks

tiba di Stasiun Balapan, mengandalkan insting kita belok ke kiri dan voila! ada 1 penginapan lucu [oya, saya & Vira ini suka banget buat nyobain nginep di penginapan yang lucu]. Namanya Hotel Djayakarta dan bentukannya rumah Belanda gitu… Harga cocok (Rp. 75.000,-), kamar kosong tersedia… cuss…

Hotel Djayakarta - dekat stasiun Solo Balapan
Hotel Djayakarta – dekat stasiun Solo Balapan

Nggak terlalu banyak yang kita lakukan di Solo, highlight-nya sih wisata kuliner :) abis taro barang dan mandi kita pun makan siang dan jalan-jalan seputaran kota Solo sampe sore… mungkin akibat perjalanan panjang maka sore hari itu pun kita tidur siang :p malam-nya keluar lagi untuk jajan dan melihat kota Solo di waktu malam. besoknya kita juga cuma ke Keraton Solo aja dan sekitar jam 5 sore dijemput pakai travel untuk kembali ke Jakarta.

Dawet Jogja - Pembuka hari
Dawet Jogja – Pembuka hari
Dawet Solo
Nasi Tengkleng Solo
Nasi Liwet di depan Hotel Djayakarta
Sate Buntal - di depan Hotel Djayakarta
Sate Buntal – di depan Hotel Djayakarta
Serabi Notosuman

Perjalanan ini sih mungkin hanya sederhana: naik kereta ke Solo… tapi saya berhasil keluar dari comfort zone saya dan ternyata, dunia baik-baik saja… jadi, jangan takut untuk mencoba hal baru yah! :)