Travelidoscope 4

Agak sedih ninggalin 2013 sebenernya karena buat gue tahun 2013 salah satu tahun terbaik dalam hidup gue :) Gue dapet keponakan di pertengahan tahun ini, banyak berkenalan dengan orang hebat, dive trip ke destinasi yang oke punya, dan yang paling luar biasa sih akhirnya berhasil mewujudkan mimpi gue sejak 10 tahun yang lalu.

Januari:

freezing in Seoul (photo by: Renny Rooslyn)
freezing in Seoul (photo by: Renny Roosalyn)

satu minggu pertama di Januari gue masih habiskan di Seoul. Seneng banget bisa ngerasain musim salju di negara yang katanya keadaannya winternya termasuk parah. Gila! gue yang nggak kuat dingin bisa juga bertahan di suhu -19, sempet kena hujan salju juga dan gw sehat-sehat aja! Hahaha…

Di 2 minggu terakhir gue sempet ke Puncak untuk urusan kerjaan. Setelah hampir 9 tahun nggak ke Puncak agak was-was juga sih, mana kesananya sendirian dan naik angkutan umum pulak! Tapi untungnya pekerjaannya kelar dan ternyata Puncak masih diminati banyak orang loh. Tulisan gue soal Puncak bisa dilihat disini.

Februari:

Bulan ini biasanya musin terjelek buat main ke laut, apalagi di wilayah WIB. Tapi entah gimana gue nekat buat nyemplung di P. Pramuka demi naik kelas. Yes, i’m an advance diver… wohooooo

Maret:

Setelah 2 bulan nggak main air laut (ya, selain 2 hari pas ujian ya), akhirnya gue berhasil ngerayu 8 orang teman buat nemenin survey dive trip ke Derawan. Ternyata underwater Derawan emang mejik! Udah penasaran lama sama wall di Kakaban dan Maratua, untungnya kesampean. Tapi gue belom berkesempatan turun di Channel-nya Maratua, spot diving dimana bisa ngeliat ribuan Baracuda!

Lunch on the boat (photo: Aldo Indrawan)

2 minggu setelah diving di Derawan, gue dapet kesempatan buat ngurusin anak tukik liburan ke Derawan dan kali ini ibupenyu kerjasama dengan Valadoo. Jadi, setelah capek-capek nyelem di pergi yang kali ini gue cuma ngawal 4 orang jadinya liburannya enak banget, apalagi pas dapet Derawan lagi sepi-sepinya.

Di akhir bulan Maret akhirnya gue kesampean juga mengunjungi Dieng yang sudah tertunda lama. Gue emang nggak bisa main di gunung ternyata. Ngesooootttt :))))

April:

Selesai ikut trip Dieng, gue dan Windy menambah hari liburan kami dengan blusukan ke Wonosobo. Disana ngapain? nggak ngapa-ngapain! Makan, tidur, ketawa-ketawa dan jalan kaki ngalor ngidul. It was fun!

airnya dingin bangeeettt!! (photo by: Asrul Budiadji)

Perjalanan selanjutnya merupakan perjalanan yang cukup gue tunggu dan bikin deg-deg-an. Pertengahan April gue berangkat ke Hanoi dan menuju Halong Bay! Awalnya deg-degan karena trip ini diurus kira-kira 2 minggu sebelum hari H dan cruising ini bisa batal jika cuaca nggak memungkinkan. Ah, ternyata ini merupakan perjalanan gue paling santai di tahun 2013 dan… di trip ini gue menggunakan kapal yang mewah buat ukuran gue dan emang ye, punya duit (banyak) itu emang enaaaakkk… wek!

Mei:

Bulan ini termasuk bulan yang seru di 2013! Kerjaan gue bolak-balik ke bandara melulu. Hahahaha… Dimulai diawal bulan gue bertugas mengawal 9 anak tukik yang bandel-bandel ke Weh. Gue sendiri seneng banget bisa balik lagi kesini. Perjalanan ke Weh ini mengesankan banget bagi gue. Ya selain baru kali ini dapet anak tukik yang bandel tapi mereka semua nggak nyusahin gue bahkan gue masih berteman dengan mereka semua sampai sekarang. 4 hari yang menyenangkan bersama Vidi, Prima, Bani, Ogi, Alex, Windy, Anissa, Adisty dan Rian.

Pantai Sumur Tiga, Sabang
Takengon :)

Selesai ngawal anak tukik bandel gue, windy, ogi & alex melanjutkan perjalanan ke Takengon. Kita extend tanpa rencana dan tujuan perjalanan yang pasti dan karena cuma sebentar ya cuma bisa ke Takengon aja, tapi ternyata Takengon itu bagus bangettt… Danau Laut Tawar adalah highlight dari perjalanan ini.

Mei ini seharusnya gue melakukan perjalanan 50 hari keliling Sulawesi, tapi ternyata gagal karena satu dan lain hal. Dasar nggak mau rugi gue tetep manfaatin tiket promo yang udah gue beli setahun sebelumnya dan berangkatlah gue menuju ke Makasar. Karena cuma punya 2 hari di Makasar gue pun nggak banyak cing-cong. Gue manfaatin waktu untuk main ke daerah Maros karena udah penasaran sama Ramang-ramang dan dilanjutkan dengan kuliner keesokan harinya. Malamnya gue terbang ke Bali karena gue mesti melanjutkan perjalanan 3 hari 2 malam ke Labuan Bajo.

Ramang-Ramang

Salah satu alasan gue gagal keliling Sulawesi karena gue dapet kerjaan bawa rombongan PT. Toyota Astra Motor ke Kep. Komodo :) dan gue nggak menyesal untuk ini karena gue bisa ngerasain naik kapal phinisi dan baru kali ini gue bawa anak tukik diluar kebiasaan ibupenyu. Gue juga jadi tahu kalau kita bisa loh ke Kep.Komodo cuma 3 hari 2 malam… [Terima kasih banyak ya, Ogi]

Setelah 3 hari dirumah gue pun kemudian berangkat lagi ke Makasar dan kali ini gue main air di Samalona :D

^.^

Juni:

Takabonerate
perempuan kajang

Dua minggu pertama dibulan ini gue masih berada di Sulawesi Selatan. Kali ini gue main ke Selayar, Takabonerate, Tanjung Bira, Kajang dan kembali ke Makasar sebelum akhirnya pulang ke Jakarta. Perjalanan 2 minggu ini bener-bener ajaib karena gue selalu berganti teman perjalanan di setiap destinasi dan saat kembali ke Makasar rasanya seperti pulang ke rumah :’)

Pertengahan bulan ibupenyu dapet titah buat mengawal 20 orang ke Belitung. Jadilah kami kesana selama 3 hari 2 malam.. uhuy!

Empat hari terakhir di bulan ini gue menuju ke Pangandaran & Batu Karas. Bekerja sambil liburan kali ini judulnya. Karena gue dateng pas musim libur dan gw emang beneran sempet jalan-jalan doang selama 1 hari disana karena nggak bisa ngapa-ngapain. Hahaha…

Pangandaran yang masih menyenangkan

Agustus:

Abis lebaran, gue berangkat ke Labuan Bajo dan kali ini gue akan menyelam disana. Asik! Akhirnya gue bisa ngeliat apa yang selama ini orang omongin mengenai dunia bawah laut Komodo. Emang beneran ajaib!!! Kalau log dive kalian sudah cukup sebaiknya segera berangkat ke Komodo deh.

desa adat bena

Selesai dive trip gw keliling Flores Barat bersama Mumun. Ini perjalanan 8 hari yang lengkap buat gue: trekking, snorkeling, dingin, panas, bus, ojek, laut, gunung. Seru bangetttt!!! Flores emang luar biasa indah.

Akhir bulan ibupenyu ngawal 6 anak tukik menuju Belitung buat makan dan berenang dan makan…

September:

Nyaris nggak kemana-mana di bulan ini karena capek. Tapi akhir bulan gue diundang oleh Green Smile Indonesia untuk ikutan mulung sampah dibawah laut-nya Pulau Pramuka. Gila, ternyata mulung sampahnya susaaaahhhhhhh!!!

Oktober:

Bulan ini sebenernya gue dedikasikan untuk beristirahat dirumah saja, tapi ternyata tugas memanggil. Tanggal 12-15 gue pun mengawal 8 anak tukik untuk bermain ke kep. komodo. Ihiy, setiap perjalanan memang punya cerita masing-masing. Kali ini gue menggunakan kapal dengan kamar + AC :D Dan ternyata, bulan Oktober itu musim paling panas di Flores. Bah! Pas trip ini juga gue ngerasain nggak ngerayain hari raya bareng keluarga. Aneh rasanya.

Gili Laba

Karena ada tante dateng dari Medan jadilah gue ngambil 1 hari di bulan ini untuk nemenin dia ke Puncak. Kami makan siang dan ngeteh di Puncak ;)

Diakhir bulan ini gue memulai perjalanan panjang gue ke Maroko & Eropa. Yes, untuk pertama kalinya gue akan menginjakkan kaki di benua lain dan yang luar biasanya gue pergi nggak sama keluarga gue dan menggunakan biaya sendiri. Huahaha…

tickets to go!

November:

I’m away the whole month! Bulan ini mimpi gue berhasil diwujudkan oleh gue sendiri! Gue kesampean jalan-jalan ke Eropa, menginjakkan kaki di negara dan desa yang udah gue impi-impikan bahkan dapet bonus untuk bermain sebentar ke Maroko. Tuhan baik banget sama gue. Baik banget!

Europe, baby!!!

Desember:

Gue kembali ke Jakarta tanggal 4 malam dan menuju Bandung 3 hari setelahnya :p di Bandung ngapain? dateng ke festival makanan aja trus ke Puncak deh buat istirahat dan merayakan ulang tahun. ihiy.

celebrate my birthday with her is priceless
celebrate my birthday with her is precious

Keliatannya Bandung emang jadi ritual akhir tahun gue karena sudah 4 tahun berturut-turut gw selalu ke Bandung di saat liburan natal. Begitupun tahun 2013 ini. Gue menutup rangkaian perjalanan gue di 2013 dengan menghabiskan 2 malam di Bandung bersama 4 orang teman gue :)

happy new year! {photo by: noah's barn community)
happy new year! {photo by: noah’s barn community)

2013 tahun yang membahagiakan buat gue. Kalau kalian?